Unsyiah Jalin Kerjasama dengan Tokoyama City Jepang



Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) dan Pemerintah Kota Toyama, Jepang sepakat membangun kemitraan dan kerjasama terkait pengembangan sumber daya manusia, energi terbarukan, dan manajemen lingkungan.

Kerja sama ini ditandatangani oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng., IPU dan Wali Kota Toyama, Masashi Mori, Selasa (5/11) yang turut disaksikan Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Dr. Teuku M. Iqbalsyah, M. Sc., dan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PR-PIDS), Dr. Nizamuddin, M.Info.Sc  yang juga merupakan Dosen Jurusan Informatika.

Dalam menjalankan MoU ini, pemerintah Kota Toyama akan dibantu beberapa perusahaan, seperti perusahaan gas Hokusan Co. Ltd, Nippon Air Conditioning Hokuritsu Co.,Ltd. dan Japan NUS, Co. Ltd. Saat ini, Kota Toyama dikembangkan sebagai gambaran kota masa depan (future city initiative).

Prof. Samsul menjelaskan jika saat ini Unsyiah telah memiliki 12 fakultas dengan jumlah mahasiswa sekitar 32.000, dosen sekitar 1.600, dan staf sekitar 2.000 orang. Umumnya dosen Unsyiah merupakan lulusan dari berbagai universitas di dunia, termasuk dari Jepang. Saat ini, Unsyiah sedang mengembangkan green campus dan akan memperluas kampusnya di daerah Ujong Batee. Ditargetkan di kawasan kampus II tersebut, akan dimanfaatkan untuk kegiatan energi terbarukan. (Humas Unsyiah/fer)