Program Studi Informatika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik pada tahun 2010 dengan ditetapkannya Keputusan Mendiknas No. 70/D/O/2010 tentang izin penyelenggaraan Program Studi (PS). Pada tahun ini, Jurusan Informatika akan menerima mahasiswa baru angkatan ke-XI tahun 2020. Hal yang sama dengan tiga tahun yang lalu, tahun ini Jurusan Informatika masih menjadi favorit dengan peringkat peminat ketiga terbanyak pada jalur pendaftaran SNMPTN 2019.

Ketua Jurusan Informatika – Dr. Muhammad Subianto, S.Si, M.Si

Menjadi pusat pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional pada tahun 2025 merupakan visi dari PS Informatika. Untuk mencapai visi tersebut, empat misi utama ditetapkan, yaitu 1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer; 2) Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi secara berkualitas dan mengembangkan kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, dan dinamis; 3) Mengembangkan penelitian dalam bidang informatika dan komputer dan mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia; 4) Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Harapannya, cita-cita tersebut dapat diraih paling lambat tahun 2025.

Jumlah mahasiwa yang diterima dalam 3 tahun terakhir terus meningkat. Pada tahun 2017, jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang sebanyak 88 orang dan pada tahun 2018 sebanyak 83 orang. Sedangkan pada tahun 2019, jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang sebanyak 109 orang. Bila ditinjau dari tingkat kompetisi saat masuk (jumlah peminat versus daya tampung) maka PS Informatika, untuk bidang IPA, menempati ranking ketiga setelah Program Studi Farmasi dan Pendidikan Dokter. Dilihat dari distribusi geografis asal mahasiswa, secara umum, mahasiswa yang masuk PS Informatika berasal dari berbagai kota di Aceh, terutama Kotamadya Banda Aceh. Jumlah mahasiswa dari luar Aceh masih sangat sedikit. Namun pada tahun 2019, terdapat 3 orang mahasiswa dari program afirmasi (mahasiswa asal Papua) dan 2 orang mahasiswa dari luar negeri (Gambia dan Tajikistan).

Tujuan Jurusan Informatika

  • 1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan
    1. a. Bermoral, berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
    2. b. Berilmu pengetahuan, terampil, profesional, dan mampu berperan serta dalam pembangunan.
    3. c. Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
    4. d. Berwawasan kemandirian dan wirausaha.
    5. e. Berdisiplin dan beretos kerja tinggi
  • 2. Mengembangkan program akademik bidang informatika dan komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  • 3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer.
  • 4. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama simetrikal dan sinergis dalam bidang informatika dan komputer yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintahan atau swasta, di dalam dan luar negeri, untuk mendukung peningkatan kinerja program studi.
  • 5. Mendapat akreditasi nasional minimal B.

 يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ..

…Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat… (QS. Al-Mujadilah [58]: 11)

Daya Saing Masuk Informatika

Daya saing untuk masuk PS Informatika terus meningkat. Pada tahun 2019, daya saing adalah 1:28. Dari 754 orang yang mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN, sebanyak 27 orang diterima (27 orang mendaftar ulang). Untuk jalur SBMPTN, dari 921 orang yang mendaftar tapi diterima hanya 37 orang. Pada tahun 2018, bila dilihat dari jalur masuk SNMPTN saja, tingkat daya saing meningkat menjadi 1:57. Jumlah peminat adalah 1345 orang dan kuota yang tersedia untuk jalur SNMPTN adalah hanya 24 orang. Untuk jalur SBMPTN, dari 1904 orang yang mendaftar, diterima hanya 37 orang. Tingkat daya saing ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan semakin dikenalnya PS Informatika oleh masyarakat.

Kehadiran PS Informatika diharapkan dapat meningkatkan jumlah lulusan bidang informatika dan komputer yang berkualitas di Aceh untuk menopang pembangunan daerah dan negara dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Akhir kata, semoga website ini dapat memberi informasi dan gambaran tentang program studi.

Salam
Ketua Jurusan Informatika