Sejarah Berdirinya Jurusan Informatika

Perkembangan ilmu dan teknologi komputer yang sangat fenomenal pada dua dasawarsa belakangan ini berdampak pada hampir seluruh aspek kehidupan modern. Pertumbuhan ilmu dan teknologi ini memicu dan mendorong perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). Berbagai kegiatan riset sekarang ini sangat bergantung pada teknologi komputer. Bahkan kegiatan ekonomi dan transaksi bisnis melalui jaringan elektronik berbasis komputer pun telah menjadi suatu hal yang biasa bagi perusahaan, industri, perbankan, dan masyarakat.

Program Studi Informatika dibuka pada tahun 2010 di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Izin penyelenggaraan program studi ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2010 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70/D/O/2010. Pembukaan program studi ini tidak hanya dipandang sebagai upaya untuk mengaktualkan relevansi Universitas Syiah Kuala dalam menyiapkan kebutuhan tenaga terampil dalam bidang informatika dan komputer dimasa yang akan datang, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan skenario besar dalam meningkatkan daya saing bangsa, seperti yang diamanatkan dalam Basic Framework for Higher Education Development KPPTJP IV 2003-2010 (HELTS 2003-2010), Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Hingga tahun 2017 ini, Program Studi Informatika sudah menginjak tahun ke 6 sebagai salah satu program studi di Universitas Syiah kuala

Semenjak September 2014 dan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Jurusan Informatika sudah berakreditasi B (Baik). Akreditasi ini berlaku sampai tanggal 26 September 2019.

VISI dan MISI Jurusan Informatika

VISI

Menjadi pusat pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional pada tahun 2025.

MISI

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer.
  2. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas dan mengembangkan kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, dan dinamis.
  3. Mengembangkan penelitian dalam bidang informatika dan komputer dan mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia.
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan
    • Bermoral, berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
    • Berilmu pengetahuan, terampil, profesional, dan mampu berperan serta dalam pembangunan.
    • Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Berwawasan kemandirian dan wirausaha.
    • Berdisiplin dan beretos kerja tinggi.
  2. Mengembangkan program akademik bidang informatika dan komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama simetrikal dan sinergis dalam bidang informatika dan komputer yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintahan atau swasta, di dalam dan luar negeri, untuk mendukung peningkatan kinerja program studi.
  5. Mendapat akreditasi nasional minimal B.

Profil Lulusan

  1. Pekerja Industri
  2. Programmer
  3. Tenaga Ahli dan/atau Konsultan IT (Database/Data Mining/Jaringan/GIS)
  4. Akademisi
  5. Peneliti
  6. Teknoprenur

Struktur Organisasi Jurusan Informatika

Program Studi Informatika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik pada tahun 2010 dengan ditetapkannya Keputusan Mendiknas No. 70/D/O/2010 tentang izin penyelenggaraan Program Studi (PS). Pada tahun ini, Jurusan Informatika akan menerima mahasiswa baru angkatan ke-X tahun 2019.

Ketua Jurusan Informatika – Bpk. Muhammad Subianto

Menjadi pusat pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional pada tahun 2025 merupakan visi dari PS Informatika. Untuk mencapai visi tersebut, empat misi utama ditetapkan, yaitu 1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer; 2) Melaksanakan tri dharma perguruan tinggi secara berkualitas dan mengembangkan kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, dan dinamis; 3) Mengembangkan penelitian dalam bidang informatika dan komputer dan mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia; 4) Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak. Harapannya, cita-cita tersebut dapat diraih paling lambat tahun 2025.

Jumlah mahasiwa yang diterima dalam 2 tahun terakhir terus meningkat. Pada tahun 2010, jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang sebanyak 52 orang dan pada tahun 2011 sebanyak 88 orang. Bila ditinjau dari tingkat kompetisi saat masuk (jumlah peminat versus daya tampung) maka PS Informatika, untuk bidang IPA, menempati ranking kedua setelah Program Studi Pendidikan Dokter. Dilihat dari distribusi geografis asal mahasiswa, secara umum, mahasiswa yang masuk PS Informatika berasal dari berbagai kota di Aceh, terutama Kotamadya Banda Aceh. Jumlah mahasiswa dari luar Aceh masih sangat sedikit.

Tujuan jurusan Informatika

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan
    • Bermoral, berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
    • Berilmu pengetahuan, terampil, profesional, dan mampu berperan serta dalam pembangunan.
    • Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
    • Berwawasan kemandirian dan wirausaha.
    • Berdisiplin dan beretos kerja tinggi.
  2. Mengembangkan program akademik bidang informatika dan komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.
  3. Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama simetrikal dan sinergis dalam bidang informatika dan komputer yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintahan atau swasta, di dalam dan luar negeri, untuk mendukung peningkatan kinerja program studi.
  5. Mendapat akreditasi nasional minimal B.

Perjuangan-perjuangan membawa kesulitan-kesulitan. Perjuangan besar tidak hanya menuntut pengalaman tetapi juga menuntut keberanian. Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.- Ir. Soekarno (Presiden Pertama Republik Indonesia)

Daya Saing Masuk Informatika

Daya saing untuk masuk PS Informatika terus meningkat. Pada tahun 2010, daya saing adalah 1:8. Dari 407 orang yang mengikuti seleksi melalui jalur JMU, sebanyak 60 orang diterima (52 orang mendaftar ulang). Pada tahun 2011, bila dilihat dari jalur masuk SNMPTN saja, tingkat daya saing meningkat menjadi 1:56. Jumlah peminat adalah 2662 orang dan kuota yang tersedia untuk jalur SNMPTN adalah 48 orang. Tingkat daya saing ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan semakin dikenalnya PS Informatika oleh masyarakat.

Kehadiran PS Informatika diharapkan dapat meningkatkan jumlah lulusan bidang informatika dan komputer yang berkualitas di Aceh untuk menopang pembangunan daerah dan negara dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Akhir kata, semoga website ini dapat memberi informasi dan gambaran tentang program studi.

Salam
Ketua Jurusan Informatika

Kompetensi Lulusan Jurusan Informatika

Ada tiga bidang kompetensi yang tercakup dalam kurikulum Program Studi Informatika. Kompetensi tersebut adalah kompetensi bidang Database dan Data Mining, kompetensi bidang Sistem Informasi Geografis dan Data Spasial (SIGDS), kompetensi bidang Jaringan Komputer (Computer Networking), dan kompetensi bidang Rancangan Perangkat Lunak (Software Engineering).

Bidang Database dan Data Mining

Kompetensi dalam bidang Database dan Data Mining menekankan pada kemampuan lulusan dalam keahlian Database dan Data Mining. Perkembangan teknologi komputer yang cukup pesat belakangan ini membuat data elektronik bertambah dengan cukup pesat. Data dalam jumlah besar tersebut harus dianalisa agar bermakna dan memberikan informasi yang bermanfaat.

Salah satu fakta perkembangan data elektronik yang cukup pesat dapat dilihat dari pertambahan jumlah halaman web belakangan ini seiring dengan perkembang teknologi Internet. Pada tahun 2005, diperkirakan terdapat lebih dari 11 milliar halaman web yang berhasil di indek oleh mesin pencari (search engines) seperti Google dan Yahoo. Sementara di tahun 1998, baru sekitar 200 juta halaman web. Fakta ini menunjukkan bahwa dalam rentang waktu 7 tahun saja, penambahan jumlah halaman web cukup fantastis. Data web yang cukup besar tersebut perlu diolah dan dianalisa agar menghasilkan informasi yang bermanfaat.

Kemudahan dalam melakukan transaksi secara online juga berkontribusi meningkatkan jumlah halaman review (feedback) dari para pembeli secara signifikan. Kemampuan menganalisa halaman hasil review dari para pembeli secara metodologis dan sistematis sangat diperlukan oleh manajemen perusahaan untuk mengetahui kualitas barang yang dijual dan tingkat kepuasan pembelinya.

Kemampuan menganalisa data-data yang cukup besar memerlukan tenaga-tenaga trampil berkompetensi Database dan Data Mining. Lulusan dengan kompetensi tersebut memiliki peluang yang cukup besar berprofesi sebagai peneliti, dosen, tenaga ahli perancangan database dan data analis. Lulusan dapat bekerja pada bidang perbankan, perusahaan telekomunikasi, perusahan mesin pencari, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lembaga riset, universitas dan instansi pemerintah. Lulusan dalam bidang ini juga dapat menjadi konsultan dalam bidang Database dan Data Mining.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang Database dan Data Mining adalah:

  • Data Mining Lanjut

  • Teks dan Web Mining

  • Penelusuran Informasi

  • Rekayasa Data dan Multimedia

  • Bioinformatika

GIS

Bidang Sistem Informasi Geografis dan Data Spasial

Kompetensi dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) menekankan pada kemampuan lulusan dalam perancangan dan pembuatan sistem Informasi Geografis. SIG adalah sistem informasi yang mengelola data spasial dan memiliki kemampuan membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi berbasis geografis. Teknologi SIG belakangan ini banyak digunakan untuk melakukan investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya alam, perencanaan pembangunan dan wilayah, penanganan bencana, kartografi, dan perencanaan jalan.

Lulusan bidang kompetensi Sistem Informasi Geografis dapat berprofesi sebagai peneliti, pengajar, tenaga ahli dalam pemetaan berbasis geografis dan berprofesi sebagai konsultan bidang sistem informasi data spasial. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian Kehutanan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), perusahaan pertambangan dan energi, dan perusahaan-perusahaan swasta lain yang bergerak dalam bidang pemetaan dan sistem informasi data spasial.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang Sistem Informasi Geografis ini adalah:

  • Kartografi

  • Manajemen Survei dan Pemetaan

  • Penginderaan Jauh

  • Pengolahan Citra

  • Sistem Informasi Geografis Lanjut

Bidang Jaringan Komputer (Computer Networking)

Kompetensi dalam bidang Jaringan menekankan pada kemampuan lulusan dalam merancang, membuat dan menganalisa sistem jaringan komputer berteknologi Wireless, Local Area Network (LAN), Wide Area Network (WAN), dan Metropolitan Area Network (MAN). Teknologi Jaringan belakangan ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan dalam kompetensi ini diharapkan mampu merancang sistem jaringan komputer yang handal, mampu menganalisa masalah sekuritas jaringan komputer dan mampu mengantisipasi serangan terhadap jaringan dari pihak lain.

Lulusan dalam bidang kompetensi Jaringan dapat berprofesi sebagai tenaga ahli dalam merancang dan membangun sistem jaringan komputer yang handal dan berprofesi sebagai konsultan jaringan. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada perusahaan telekomunikasi, perusahan Internet Service Provider (ISP), perusahaan penerbangan, perusahaan listrik, perbankan, dan instansi pemerintah.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang Jaringan adalah:

  • Jaringan Nirkabel

  • Keamanan Jaringan

  • Kriptografi dan Keamanan Data

  • Regulasi Keamanan Jaringan

  • Komputasi Paralel

Kompetensi Bidang Rancangan Perangkat Lunak (Software Engineering)

Kompetensi dalam bidang Rancangan Perangkat Lunak menekankan pada kemampuan lulusan dalam merancang, membuat dan menganalisa software (perangkat lunak) berbasiskan website, aplikasi desktop, maupun mobile (ex. android, IOS). Teknologi perangkat lunak ini berkembang dengan sangat pesat seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Lulusan dalam kompetensi ini diharapkan mampu merancang, membuat, melakukan testing, memelihara perangkat lunak yang handal dan berteknologi tinggi.

Lulusan dalam bidang kompetensi Rancangan Perangkat Lunak dapat berprofesi sebagai tenaga ahli dalam merancang dan membangun sistem perangkat lunak yang handal dan berprofesi sebagai konsultan software. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada perusahaan telekomunikasi, konsultan IT, software house, perusahan-perusahaan IT, perusahaan penerbangan, perusahaan listrik, perbankan, perusahaan Software Engineering, dan instansi pemerintah.

Mata kuliah keahlian (MKK) yang harus diambil oleh mahasiswa untuk menguasai kompetensi bidang ini adalah:

  • Rekayasa Perangkat Lunak

  • Proyek Perangkat Lunak

  • Rekayasa Kebutuhan Perangkat Lunak

  • Arsitektur Perangkat Lunak

  • Perangkat Lunak Berbasis Komponen

  • Kualitas Perangkat Lunak