HMIF Menggelar Musyawarah Besar 2020 Secara Daring di Era COVID-19.



Minggu, 27 Desember 2020, Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)  menggelar Musyawarah Besar (MUBES) ke-3 secara daring melalui media Zoom di masa pandemic COVID-19 ini. MUBES adalah salah satu agenda rutin tahunan HMIF Unsyiah yang dilaksanakan satu kali dalam setahun. Agenda dari acara ini bertujuan untuk membahas Anggaran Dasar (AD) serta Anggaran Rumah Tangga (ART)  himpunan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk memilih ketua himpunan periode 2020-2021 mendatang.

Ketua Panitia MUBES 2020, Daffaq Syafiq Pasha melaporkan pelaksanaan kegiatan ini sembari berharap acara ini bisa menjadi ajang belajar demokrasi bagi  semua mahasiswa informatika, “harapan saya dan kita semua bahwa acara ini bukan hanya sebagai acara tahunan, namun juga sebagai ajang kita mempelajari demokrasi sejak dini, mempelajari bagaimana caranya memutuskan suatu perkara melalui musyawarah, sehingga di dapatkan hasil mufakat yang berangkat dari pemikiran muda kita sebagai mahasiswa informatika, untuk kemajuan HMIF kedepan ” tuturnya. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua HMIF periode 2019/2020, Indra Azhari, Ia menyampaikan bahwa himpunan yang akan datang bisa lebih baik lagi dalam memajukan Informatika.

Selanjutnya, Ketua Jurusan Informatika, Bapak Dr. Muhammad Subianto, S.Si, M.Si  memberikan arahan dan wejangan dengan berharap mahasiswa informatika bisa terus mempertahankan kreativitas meski di era pandemi seperti sekarang ini. Kemudian, Dr. Subianto juga sangat bangga kepada pengurus HMIF periode 2019/2020 yang berhasil melaksanakan INFEST 6.0 bulan Oktober lalu secara daring dengan menghadirkan narasumber-narasumber tingkat nasional yang terkenal dan praktisi/akademisi lokal yang sangat berpengalaman di bidang Teknologi Informasi. Diakhir sambutnya, Dr. Subianto secara resmi membuka acara MUBES HMIF tahun 2020.

Kegiatan ini dihadir oleh para ketua himpunan di lingkungan Fakultas MIPA Unsyiah, alumni, dan mahasiswa aktif Jurusan Informatika. Selain itu, Ketua Badan Esekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA, Ketua  Dewan Pengawas Mahasiswa  (DPM) Fakultas MIPA serta beberapa perwakilan UKM dan ORMAWA di lingkungan Fakultas MIPA juga turut menghadiri kegiatan ini.

Setelah pembukaan secara resmi , MUBES HMIF periode 2020 dilanjutkan ke acara inti dari musyawarah besar ini, yaitu sidang pleno 1 untuk membahas Tata Tertib Musyawarah,sidang pleno 2 untuk membahas AD/ART, dan pleno 3 untuk memilih kandidat ketua himpunan. Sidang pleno dipimpin oleh 3 pimpinan sidang yaitu  Faris, Naufal Mas Adha, dan  Nurifai. Hasil keputusan Musyawarah Besar HMIF 2020 menetapkan saudara Adika Nuraga Kanaka Stamba Rucira sebagai penerus Ketua Himpunan Mahasiswa Informatika periode 2020/2021.

Ketua Jurusan Informatika Universitas Syiah Kuala, Dr. Muhammad Subianto, S.Si, M.Si
Ketua HMIF Periode 2019-2020, Indra Azhari
Ketua Panitia MUBES HMIF 2020, Daffaq Syafiq Pasha
Peserta MUBES HMIF 2020