Empat Mahasiswa Informatika Unsyiah Kembali Diterima Magang pada PT Dua Empat Tujuh



Alhamdulillah, PT Dua Empat Tujuh kembali menerima mahasiswa PS Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk melaksanakan magang kerja pada perusahaan tersebut. (14/01). Sebelum diterima magang pada perusahaan ini, beberapa calon peserta magang dari PS Informatika Unsyiah diseleksi secara baik oleh Jurusan Informatika dan PT Dua Empat Tujuh. Hasilnya empat mahasiswa PS Informatika Unsyiah diterima sebagai peserta magang dan ditempatkan pada devisi analisis big data pada lab. Solusi247. Keempat mahasiswa tersersebut adalah Aulia Al-Jihad Shafhadi, Mariza Agustia, Muammar Zikri Aksana, dan Raudhatul Jannah.

Dalam pelepasan mahasiswa tersebut pada beberapa hari lalu, Ketua Jurusan Informatika, Dr. Muhammad Subianto, S.Si, MSi dengan didampingi oleh Ketua Riset Grup Data Mining dan Information Retrieval (DMIR), Jurusan Informatika Unsyiah, Prof. Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si, M.Tech, menyampaikan bahwa program magang ini merupakan salah satu wujud dari kerjasama antara Jurusan Informatika dengan PT Solusi Empat Tujuh yang disepakati dua tahun yang lalu.

Harapan dari program kegiatan ini, mahasiswa informatika akan mendapatkan pengalaman kerja pada industri Teknologi Informasi terutama pada bidang data analisis dan big data yang merupakan teknologi yang sedang booming dan hot-issue sekarang ini.

Selanjutnya Dr. Subianto juga berpesan kepada keempat mahasiswa terpilih ini untuk menjaga nama baik Jurusan Informatika dan bekerjalah dengan sebaik-baiknya serta manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi bekal dalam bekerja nantinya. Pada tahun 2019, Jurusan Informatika juga telah telah mengirimkan empat mahasiswa terpilih untuk malaksanakan magang pada perusahan tersebut.

Salah seorang Ketua Devisi dari PT Dua Empat Tujuh, M. Ibnu Abdissalam, MM, menyampaikan bahwa keempat mahasiswa ini akan melaksanakan program magang di PT Dua Empat Tujuh Cabang Yogyakarta. Pelaksanaan magang akan berlangsung dari tanggal 20 Januari 2020 sampai dengan 21 Februari 2020. Mereka nanti akan ditempatkan pada Lab. Solusi247 (S247) Cabang Yogyakarta, ungkapnya. Ibnu juga menyampaikan bahwa mereka nanti akan mengoperasikan Hadoop dalam menyelesaikan kasus big data.

Apa itu SOLUSI247?

SOLUSI247 adalah perusahaan ICT yang didirikan pada tahun 2000, dan difokuskan pada pemrosesan data skala besar, sistem manajemen basis data relasional (RDBMS), dan pemrosesan file datar paralel secara masif. Karena jumlah data yang terus bertambah secara eksponensial menyajikan beberapa tantangan signifikan, perusahan tersebut mengadopsi Hadoop, platform Data Besar terdepan. Dengan dukungan dari spesialis tersertifikasi, perusahaan ini dapat membuat alat dan aplikasi yang sangat produktif dan mudah digunakan untuk MapReduce. Salah satu alat tersebut disebut HGrid247, alat yang memungkinkan pembuatan kode otomatis dan pemrosesan real-time. Produk dan layanan ini secara konsisten memastikan kepuasan pelanggan, yang dapat dibuktikan dengan fakta bahwa perusahaan ini telah menerapkan kluster Hadoop yang melibatkan ± 200 node untuk perusahaan telekomunikasi di seluruh Indonesia.