Bakti Sosial Informatika untuk Guru Takengon dan Calang



Tahun ini, Jurusan Informatika berkesempatan melakukan bakti sosial di dua lokasi sekaligus. Kegiatan bakti sosial pertama dilakukan di Takengon, Aceh Tengah pada tanggal 19 Oktober 2019. Kegiatan bakti sosial yang mengusung topik “Pelatihan Google Apps” diikuti oleh 30 peserta guru dari berbagai sekolah yang ada di Takengon. Kegiatan yang berlangsung di Laboratorium SMPN 1 Takengon tersebut berhasil dilaksanakan karena adanya kerjasama dengan Dinas Pendidikan Aceh Tengah.

Dalam kegiatan tersebut, para guru dilatih untuk memahami penggunaan Google Apps seperti Google Dokumen, Google Spreadsheet dan Google Form untuk proses belajar mengajar. Keluaran yang diharapkan dari pelatihan tersebut adalah para guru dapat menggunakan Google Apps sehingga tidak perlu lagi terkendala dengan software yang tidak terinstall di perangkat mereka karena Google Apps tersebut dapat diakses dari semua perangkat yang terkoneksi dengan Internet.

Kegiatan kedua yang dilaksanakan di SMAN 1 Calang mengusung tema “Pelatihan E-Learning”. Kegiatan kali kedua ini diikuti oleh sekitar 20 orang guru yang ada di SMA tersebut. Para guru diperkenalkan tentang sistem e-learning yang dapat mempermudah guru dalam proses belajar mengajar dengan siswa. Keluaran yang diharapkan dalam pelatihan tersebut adalah para guru dapat menguasai penggunaan e-learning dalam mempersiapkan bahan untuk proses mengajar.