Aruba Melakukan Home Visit ke Informatika Unsyiah



Perusahaan Aruba, a Hewlett Packard Enterprise Company, mengunjungi Jurusan Informatika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang diterima oleh Sekretaris Jurusan Irvanizam Zamanhuri, S.Si, MSc dan Kepala Lab. Internet dan Jaringan Komputer Muhd. Iqbal, S.Si, MKom. (Darussalam, 16/02).

Perusahaan tersebut diwakili oleh Karel Widjaja, Jessica Ivana Limarga, dan Hermansyah. Muhd. Iqbal memaparkan bahwa dalam kunjungan ini pihak aruba akan menjajaki kerjasama antara Perusahaan Aruba dan Jurusan Informatika FMIPA Unsyiah. Bentuk-bentuk kerjasama yang akan dilaksanakan adalah akan membangun Aruba Academy di Jurusan Informatika Unsyiah, mengadakan kegiatan workshop mobility system dan menawarkan program magang bagi mahasiswa informatika. Dalam kesempatan ini juga, Product Manager Perusahaan Aruba, Karel Widjaja, menambahkan bahwa program kegiatan aruba academy akan membimbing dan mengajarkan mahasiswa untuk mengetahui lebih dalam tentang jaringan komputer dan difokuskan ke bidang Network Security, Internet of Things (IoT), dan Smart City. Adapun dalam kegiatan workshop, aruba akan mendemontrasikan perangkat-perangkat terbaru dan canggih dari aruba untuk mengamankan jaringan komputer dan mempu menjadi solusi untuk permasalahan-permasalahan IT secara pintar. Selanjutnya, Karel juga menjelaskan bahwa Aruba sangat terbuka untuk mahasiswa Informatika Unsyiah untuk melaksanakan praktek magang pada perusahaannya.

Territory Manager Perusahaan Aruba, Jessica Ivana Limarga menyampaikan, pihaknya sangat terbuka bagi siapapun yang ingin mengunjungi perusahaan untuk belajar dan memahami pengelolaan keamanan komputer dan internet. Dalam kunjungan ini juga, Jessica menyampaikan bahwa Aruba meminjamkan perangkat terbaru dari aruba yang baru diperkenalkan (launching) 1 bulan yang lalu ke Jurusan Informatika dan ditempatkan pada Gedung UPT. TIK Unsyiah. Perangkat ini mempunyai spesifikasi standard 802.11ax yang dapat mendukung 254 user (pengguna) untuk IoT, open API, support cloud dan memiliki keamanan yang terbaik (best security) untuk jaringan komputer dan internet.

Selanjutnya, Sekretaris Jurusan Informatika juga menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi dan berterimahakasih kepada pihak Aruba dan berharap kerjasama ini dapat direalisasikan pada semester ini. Apalagi terjalinnya kerjasama dengan akan menyediakan kesempatan magang untuk mahasiswa informatika pada perusahaan Aruba dan mengadakan aruba academy pada Jurusan Informatika. Ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk mencari ilmu dan pengalaman kerja pada perusahaan besar dan terkemuka.” ucapnya. Untuk itulah, Irvanizam menilai kerja sama ini sangat penting bagi Jurusan Informatik FMIPA Unsyiah.