Sejarah

Program Studi Informatika dibuka pada tahun 2010 di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Izin penyelenggaraan program studi ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2010 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70/D/O/2010. Pembukaan program studi ini tidak hanya dipandang sebagai upaya untuk mengaktualkan relevansi Universitas Syiah Kuala dalam menyiapkan kebutuhan tenaga terampil dalam bidang informatika dan komputer dimasa yang akan datang, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan skenario besar dalam meningkatkan daya saing bangsa, seperti yang diamanatkan dalam Basic Framework for Higher Education Development KPPTJP IV 2003-2010 (HELTS 2003-2010), Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Hingga tahun 2017 ini, Program Studi Informatika sudah menginjak tahun ke 6 sebagai salah satu program studi di Universitas Syiah kuala

Semenjak September 2014 dan berdasarkan Surat Keputusan (SK) BAN-PT Nomor 377/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2014, Program Studi Informatika sudah berakreditasi B (Baik).

Visi & Misi

Visi: Menjadi pusat pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional pada tahun 2025.

Misi : (1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer; (2) Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas dan mengembangkan kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, dan dinamis; (3) Mengembangkan penelitian dalam bidang informatika dan komputer dan mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia; (4) Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.

Tujuan & Profil Lulusan

Tujuan: (1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan Bermoral, (a) berbudi luhur, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, (b) Berilmu pengetahuan, terampil, profesional, dan mampu berperan serta dalam pembangunan, (c) Mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (d) Berwawasan kemandirian dan wirausaha, (e) Berdisiplin dan beretos kerja tinggi. (2) Mengembangkan program akademik bidang informatika dan komputer yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. (3) Meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer. (4) Mengembangkan dan meningkatkan kerjasama simetrikal dan sinergis dalam bidang informatika dan komputer yang saling menguntungkan dengan lembaga pemerintahan atau swasta, di dalam dan luar negeri, untuk mendukung peningkatan kinerja program studi. (5)Mendapat akreditasi nasional minimal B.

Profil Lulusan : (1) Pekerja Industri, (2) Programmer, (3) Tenaga Ahli dan/atau Konsultan IT (Database/Data Mining/Jaringan/GIS), (4) Akademisi, (5) Peneliti, (6) Teknoprenur.