Covid-19 Updates: Informasi Satgas Covid-19 Unsyiah

Gambaran Umum Jurusan

Program Studi Informatika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik sejak tahun 2010 dan telah berakreditasi B. Sejak berdiri hingga sekarang, program studi ini merupakan salah satu program studi pilihan favorit para calon mahasiswa, untuk semua jalur masuk perguruan tinggi.

Seluruh mata kuliah di program studi ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer, sehingga mereka diharapkan mampu mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia.

Para dosen Program Studi Informatika merupakan lulusan S3 dan S2 dari perguruan tinggi di berbagai negara, di antaranya Amerika (USA), Jerman, Australia, Jepang, Belanda, Italia, Inggris (UK), Taiwan, Malaysia, dan Indonesia. Para lulusan program studi ini dipersiapkan untuk mampu bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan kompetensi komputerisasi. Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menempatkan kompetensi yang dimiliki para lulusan sebagai salah satu yang dibutuhkan saat ini dan juga di masa depan. Oleh karena itu, lulusan program studi ini telah bekerja di berbagai bidang di Indonesia dan juga di luar negeri. Menurut data sementara, para alumni Prodi ini telah bekerja sebagai senior programmer pada perusahaan-perusahaan terkenal seperti Tokopedia, BukaLapak, dll, Computer Networking Administrator and Engineer pada instansi pemerintahan (DiskomInfo, Badan Pertanahan Nasional, BPJS, dll), IT manager pada Bank Mandiri, perwira karir pada instansi Kepolisian pada devisi Cyber Crime,  akademisi (dosen dan peneliti) di berbagai perguruan tinggi, birokrat di pemerintahan (PNS), pegawai BUMN, pekerja industri, serta pewirausaha.

Selamat Datang

Program Studi Informatika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik pada tahun 2010 dengan ditetapkannya Keputusan Mendiknas No. 70/D/O/2010 tentang penyelenggaraan Program Studi (PS). Pada tahun ini, Jurusan Informatika akan menerima mahasiswa baru angkatan ke-X tahun 2020. Persis seperti tahun yang lalu, tahun ini Jurusan Informatika juga masih menjadi peminat ketiga favorit pada jalur pendaftaran SNMPTN 2019 di Universitas Syiah Kuala. []

Menjadi pusat pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional pada tahun 2025.

(1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer; (2) Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas dan mengembangkan kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, dan dinamis; (3) Mengembangkan penelitian dalam bidang informatika dan komputer dan mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia; (4) Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.

Program Studi Informatika dibuka pada tahun 2010 di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Izin penyelenggaraan program studi ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2010 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70/D/O/2010.

Pembukaan program studi ini tidak hanya dipandang sebagai upaya untuk mengaktualkan relevansi Universitas Syiah Kuala dalam menyiapkan kebutuhan tenaga terampil dalam bidang informatika dan komputer dimasa yang akan datang, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan skenario besar dalam meningkatkan daya saing bangsa, seperti yang diamanatkan dalam Basic Framework for Higher Education Development KPPTJP IV 2003-2010 (HELTS 2003-2010), Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Hingga tahun 2020 ini, Program Studi Informatika sudah menginjak tahun ke 10 sebagai salah satu program studi di Universitas Syiah Kuala.

Courses
69 Matakuliah

Lecturers
24 Staf Pengajar

Research Groups
5 Bidang Riset

Students
360 Mahasiswa

Computer Labs
7 Laboratorium

e-Systems
22 Sist. Informasi

Publications
> 100 Papers

Partnerships
> 20 Kerjasama

01

Registrasi Akun Calon Mahasiswa

Daftarkan akun calon mahasiswa pada halaman https://portal.ltmpt.ac.id

02

Mendaftar Melalui Jalur SNMPTN

Informasi lanjut dapat dilihat pada halaman http://snmptn.ac.id/

03

Mendaftar Melalui Jalur SBMPTN

Informasi lanjut dapat dilihat pada halaman https://ltmpt.ac.id/

04

Mendaftar Melalui Jalur SMMPTN

Informasi lanjut dapat dilihat pada halaman https://smmptnbarat.id/

Berita Terkini

Pengumuman

Leading for brighter future

Proses belajar-mengajar di Informatika difokuskan pada bidang Big data, data mining, Internet of Things (IoT), Jaringan Komputer, spasial data, dan pengembangan software.

Experienced Lecturers

Dosen dengan pengalaman mengajar dan meneliti rata-rata selama 15 tahun lebih.

Degree Title

Lulusan Sarjana Informatika diberikan gelar Sarjana Komputer (S.Kom).

E-Learning

Lebih dari 50% matakuliah disajikan melalui sistem e-learning Unsyiah.

Library

Perpustakaan lengkap & modern tersedia jurnal terkenal seperti IEEE, ScienceDirect, Springer, dll.

UPCOMING EVENTS

PRESTASI

Layanan untuk Mahasiswa

e-Learning Universitas Syiah Kuala
Sistem ini menyajikan materi dan aktivitas kuliah secara online untuk memudahkan interaksi perkuliahan antara dosen dan mahasiswa.

KRS Online Unsyiah Berbasis Android
Layanan pengisian KRS, informasi transkrip nilai, informasi matakuliah sajian dan informasi pembayaran SPP/UKTB juga tersedia dalam versi Android.

Sistem Informasi KRS Online
Aplikasi untuk menentukan rencana studi, membuat transkrip sementara, dan mendapatkan informasi biaya studi.

Sistem Informasi Beasiswa
Mengatur proses pengusulan dan pengelolaan beasiswa. Sistem ini berkomunikasi dengan SIAKAD untuk mengetahui status aktif dan IPK mahasiswa.

Laman Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Syiah Kuala menerima mahasiswa baru program sarjana untuk 59 program studi S1 melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Sistem Informasi Tugas Akhir
Untuk memberikan usulan dan bimbingan tugas akhir dan proyek akhir mahasiswa.

Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Sistem informasi registrasi online Kuliah Kerja Nyata. Membantu mahasiswa dan penyelenggara KKN mengelola lebih cepat, akurat dan transparan.

Sistem Informasi Survei Kepuasan Dosen
Survei ini bertujuan untuk memperoleh masukan terhadap mutu pelayanan Unsyiah kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan..

Sistem Informasi Akun Email Mahasiswa
Aplikasi SIMAIL membantu mahasiswa untuk memperoleh akun email Unsyiah secara cepat dan lebih dekat tanpa harus datang langsung ke UPT. PUKSI.

Sistem Informasi Pengaduan Layanan (SIPL)
Sampaikan kritik dan saran kepada unit/pihak tertentu secara konstruktif demi peningkatan layanan Unsyiah.

Layanan untuk Dosen

Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (SIPKD)
Layanan untuk membantu mengevaluasi kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan.

Sistem Paperless Office (PLO)
Sebuah media online yang dimanfaatkan oleh segenap sivitas Unsyiah untuk berinteraksi dan berekspresi baik secara individu, unit maupun ke semua sivitas.

Sistem Informasi Repository Publikasi
Aplikasi untuk melihat perkembangan, menemukan, atau menjadi kontributor data publikasi Unsyiah. Telah mencatat lebih dari 2874 publikasi.

Sistem Informasi Dosen Wali
Untuk memberikan pertimbangan, petunjuk, nasehat dan persetujuan kepada mahasiswa bimbingannya.

Sistem Informasi Manajemen Penelitian
Gerbang Digital Kegiatan Penelitian dan Pengabdian. Kegiatan penelitian yang telah didanai sejak 2010 sebanyak 600+ judul.

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG)
Aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian yang bertujuan untuk menciptakn informasi SDM selalu mutakhir.

Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER)
Aplikasi sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk inputkan informasi mengenai SDM yang terintegrasi seperti data identitas, usulan fungsional, pangkat dan usulan sertifikasi dosen (serdos).

Sistem Informasi Kinerja dan Evaluasi Dosen (Sinekad)
Evaluasi dan kinerja dosen diperoleh dan dinilai melalui kuisioner yang diisi oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah.

Sistem Informasi Keuangan PNBP
Simkeu PNBP adalah sistem informasi pengelolaan dana PNBP. Bertujuan agar proses pengusulan & penggunaan dana tercatat secara rapi dan transparan.

Sistem Informasi Dashboard Dosen dan Staf (FSD)
Semua sivitas akademik Unsyiah melalui apalikasi ini dapat memiliki website pribadi dan mendapatkan email @unsyiah.ac.id dengan mudah.

Testimonial Alumni

Pondasi awal pembentukan karakter IT yang berkualitas

Berkat takdir allah, saya kuliah, lulus dan merupakan bagian dari alumni Jurusan Informatika (JIF) Unsyiah. Awalnya tidak mudah memang, terlebih lagi sebagai anak rantau, tentunya menjadi tantangan tersendiri serta pengalaman yang luar biasa bagi saya pribadi.

Saya bangga pernah berjuang dan menuntut ilmu di InformatikaUnsyiah. Banyak hal yang dapat dipelajari dan diperoleh. Di sisi akademis, semua sistem pembelajaran tersedia dengan baik, mulai dari para dosen yang profesional, kurikulum dan materi yang dinamis mengikuti perkembangan zaman serta memiliki standar yang sama dengan di perguruan tinggi top lainnya, hingga fasilitas laboratorium yang menunjang. Belajar tentang problem solving & analytical skills, teamwork, keterampilan teknis, serta kemampuan berpikir kritis terhadap suatu permasalahan yang ingin dipecahkan. Semua ini sangat berguna dan berperan sebagai dasar pemikiran dan pembentukan karakter untuk bisa survive di dunia profesional. Berkecimpung di dunia IT punya daya tarik dan tantangan tersendiri dimana kita harus selalu Up-To-Date terhadap perkembangan teknologi dari masa ke masa agar mampu bertahan dan bersaing. Menariknya, kita dapat menciptakan sesuatu guna membantu melakukan pekerjaan lebih efisien, otomatis, dan praktis.

Tidak hanya sebatas itu, disini saya mengenal orang-orang baru layaknya kerabat/keluarga. Terima kasih buat teman-teman yang sama-sama telah berjuang dan tidak lupa juga saya ucapkan terima kasih kepada para dosen/staf pengajar dan staf operasional Informatika, FMIPA, UNSYIAH, ACEH. Harapannya, semoga Informatika Unsyiah senantiasa istiqomah menghasilkan bibit-bibit yang berkualitas baik sebagai IT profesional maupun calon akademik lanjutan.

Widya Alief
Business Intelligence Developer - PT. Astra Graphia IT

Program Studi yang Mencetak Programmer-Programmer

Mulai suka dengan programming ketika kelas 3 MAN. Alhamdulillah Allah berikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Jurusan Informatika, Unsyiah (S1). Banyak pengalaman dan kesan yang saya dapatkan selama perkuliahan, dari yang awalnya hanya menulis program tanpa GUI, sampai program-program yang memiliki animasi.

Ditambah dengan erat dan terjaganya hubungan antara Dosen, Mahasiswa, Staf dan Alumni menambah rasa kekeluargaan dan meninggalkan kesan yang mendalam. Alhamdulillah dari ilmu yang telah disampaikan oleh dosen-dosen Informatika, sejak 2017 sampai saat ini saya diberi kesempatan oleh Allah untuk bekerja disalah satu perusahaan unicorn di Indonesia, yaitu Tokopedia. Terima kasih banyak untuk semua Bapak/Ibu Dosen & Staf

Muhammad Furqan
Senior Software Engineer Android - PT. Tokopedia

Penyesalan yang Tersapu pada Detik-Detik Akhir di Informatika

Awal mula perkuliahan, saya terus merasa bahwa saya “salah memilih jurusan”. Waktu terus berjalan, hingga hampir semester akhir perkuliahan dimana saya diharuskan untuk mengambil matakuliah KKP (Kuliah Kerja Praktik) atau internship di suatu instansi. Alhamdulillah, saat itu saya mendapat pandangan dan pemikiraan baru bahwa ternyata mahasiswa dan alumni Jurusan Informatika ini banyak dan sangat dibutuhkan untuk membantu berbagai macam pekerjaan dan banyak inovasi yang dapat diciptakan dalam proses digitalisasi pada dunia kerja. Sejak itu saya bertekad untuk kembali dan lebih serius lagi mengasah bidang keahlian Informatika di kampus ini.

Alhamdulillah, qadarullah saya dapat menyelesaikan studi di Jurusan Informatika dengan memperoleh gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dan sekarang bekerja sebagai Junior Programmer pada Instansi Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Aceh. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menekuni bidang ini sekalipun di akhir masa perkuliahan. Terimakasih untuk para dosen (Bapak Irvanizam, Bapak Dr. Subianto, Bapak Muslim, Bapak Prof. Taufik F. Abidin, dan Ibu Viska) yang pernah dan sering saya mintakan/terima arahan yang secara perlahan juga membuka pikiran saya hingga saya bisa melihat banyak hal yang menarik dengan Informatika ini. Semoga Informatika Unsyiah terus membuat perubahan kecil yang akan berdampak besar serta trobosan-trobosan baru untuk mencetak ahli IT yang berkualitas.

Rizkha Maulida
Junior Programmer - Badan Pertanahan Negara (BPN) Prov. Aceh

Staf Pengajar yang Profesional

Alhamdulillah, dengan izin Allah saya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan S1 di Jurusan Informatika (JIF) UNSYIAH. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama kuliah di Informatika. Saya sangat bangga menjadi salah satu bagian dari alumni atau lulusan JIF karena materi yang diberikan menggunakan standar kurikulum yang ada di universitas unggul lain di Indonesia bahkan staf pengajar yang professional di bidang masing-masing memberikan proses berfikir lebih maju dan terdepan, untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki pandangan luas dan berjiwa mandiri.

Tidak hanya memberikan materi kuliah, dosen-dosen JIF bersinergi, merangkul dan membina para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan dan menciptakan relasi antar alumni JIF UNSYIAH agar tetap terjalin. Jurusan Informatika Unsyiah selalu berbenah dan terbukti menjadi jurusan ilmu komputer yang paling diminati. Dengan modal kepercayaan dan kerjasama yang baik, jurusan informatika telah memiliki akreditas B. Oleh karena itu, tidak perlu ragu memilih JIF Unsyiah. Semoga kedepan JIF dapat terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia khususnya masyarakat Aceh.

Zaki Fuadi
Network Infrastructure Diskominfo Banda Aceh

Kuliah di Informatika Paling Update dalam Segala Hal

Awalnya saya ragu memilih Jurusan Informatika Unsyiah karena masih tergolong baru, akan tetapi ketika saya menjalani kuliah di Informatika banyak hal baru yang semasa SMA saya anggap remeh dalam hal IT dan menyadari bahwa ilmu IT saya tidak ada apa-apanya. Peralatan yang ada pada jurusan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya baik itu ketika perkuliahan maupun tidak, istilah kerennya kita dapat ‘oprek-oprek’ semua alat yang ada dijurusan ini jika ingin mendapatkan ilmu baru.

Kuliah di informatika bikin kita menjadi paling update dalam segala hal, bayangkan saja segala informasi yang baru selalu dibicarakan oleh teman-teman informatika sehingga tidak ada istilah ketinggalan zaman, bahkan terkadang yang katanya anak muda itu selalu update bakal kalah dengan dosen-dosen yang umurnya di atas mahasiswa sehingga jurusan informatika tetap yang paling keren.

Galih Amar Barkah
Network Engineer Diskominfo Banda Aceh

Fasilitas Lengkap dan Koneksi Internet Cepat

Bagi saya, pada awalnya kuliah di Informatika adalah hal yang sulit sekaligus luar biasa. Karena untuk kuliah di jurusan ini, saya benar-benar harus mampu mengembangkan daya pola pikir terutama logika. Selain itu, saya juga harus belajar untuk terus mengikuti perkembangan teknologi yang terus berkembang di setiap detiknya.

Pengalaman yang luar biasa saya temukan saat proses pembelajaran, di mana dosen menerapkan perkuliahan teori dan praktik. Mahasiswa diajarkan untuk dapat mempelajari materi yang diberikan dosen dan mampu mengimplementasikannya. Oleh karena itu, pengalaman yang saya peroleh sangat lengkap, mulai dari pengalaman bekerja secara tim, kemampuan menganalisis kebutuhan sistem hingga kemampuan mandiri untuk mengatasi setiap kesulitan. Selain itu, fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap, dengan lab komputer dan WIFI semakin mendukung mahasiswa dalam proses belajar dan mengembangkan skill. . Sukses selalu untuk MIPA Informatika Universitas Syiah Kuala.

Cut Dirayati Safira
Junior Programmer Diskominfo Banda Aceh

Keluarga Informatika Terlalu Indah

Kuliah di Informatika begitu berkesan. Hubungan antara dosen dan mahasiswa sangat erat dan terjaga, terutama dalam komunikasi via media sosial (seperti email, facebook, whatssapp) seputar perkuliahan. Saya yakin komunikasi seerat dan se-terbuka ini tidak ditemukan di jurusan lainnya. Meski pun deadline tugas membuat mahasiswa seperti kelelawar pada malam hari dan zombie di pagi hari, hal ini sangat layak dijadikan pelajaran dan cukup indah dijadikan kenangan, mengingat saya sudah menjadi alumni saat ini. Disini, saya tidak hanya mendapatkan teman, namun juga keluarga.

Menjadi mahasiswa Informatika memang sulit, namun hidup bersama keluarga Informatika terlalu indah untuk dipersulit.

Alvi Rizka Aldyza
Alumni Informatika

Dreams don’t work unless you do

Kuliah tidak hanya tentang memperoleh ilmu sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Lebih dari itu juga tentang passion, manajemen, sosial, dan juga leadership. Metode belajar yang diterapkan adalah teori dan praktek sehingga mahasiswa dapat langsung menerapkan ilmu yang didapatkan di ruang belajar. Jurusan ini cukup muda usianya, tapi dengan tenaga pengajar yang sangat profesional di bidangnya serta dukungan infrastruktur yang terus ditingkatkan saat ini menjadi jurusan yang sangat banyak peminatnya.

ketika saya masih mahasiswa, hal paling diingat adalah wejangan dari salah satu dosen (ketua jurusan saat itu) yang memiliki moto “Yes, Together we can”. terlihat sederhana, tapi ini sangat berguna bahkan hingga saya di dunia kerja. manusia itu pada dasarnya makhluk sosial. kepintaran pribadi penting, tapi membangun bersama itu jauh lebih penting. tugas dari dosen yang terkadang terasa sangat berat jangan dijadikan beban, anggap saja itu sebagai persiapan untuk menghadapi dunia kerja.

Di masa yang akan datang lulusan Teknik Informatika akan semakin dibutuhkan di segala lini. Pastikan lulusan informatika harus memiliki skill agar mampu bersaing di dunia kerja maupun akademik lanjutan. “Dreams don’t work unless you do”

IPDA Mirza Triyuna Putra
Divisi Teknologi Informasi Polri

Leading together for bright future

Banyak kesan yang saya dapatkan selama kuliah di Informatika Unsyiah salah satu kesan terbaiknya adalah Jurusan ini telah memiliki sistem akademik yang berjalan dengan baik, walau jurusan ini terbilang baru namun semua sistem pembelajarannya sudah tertata rapi, begitu juga dengan pengajar-pengajar di Informatika Unsyiah.

Tidak perlu diragukan, dosen-dosen profesionalnya siap menempa mahasiswa Informatika untuk menjadi yang terbaik dan siap bersaing di dunia kerja. Walau terkadang tugas, quiz, ujian harian yang diberikan terbilang banyak, namun percayalah hal tersebut akan membuat calon alumni memiliki skill yang mantap. Pesan saya untuk para junior informatika, jaga nama baik Almamater kita dan harumkan namanya dimanapun kita berada.“Leading together for bright future”.

Riski Phonna
IT Infrastructure Group Bank Mandiri

Jurusan Baru dengan Kualitas Dosen yang Bagus

Kuliah di jurusan Informatika benar2 meninggalkan kesan. Walaupun jurusan baru tapi sudah memiliki dosen-dosen yang ahli di bidangnya baik dalam pengajaran maupun dalam membentuk karakter mahasiswa. Di jurusan Informatika tingkat kesabaran mahasiswa benar-benar dicoba dengan tugas yg menumpuk dan dosen yg menuntut, tapi hal itulah yg akan membentuk mahasiswa menjadi pribadi kuat yg dapat bertahan dan bersaing di kerasnya dunia kerja. Saya merasa hubungan erat antar mahasiswa dan dosen lah yg telah mengeluarkan potensi maksimal dari mahasiswa. “Karena hasil tidak pernah mengkhianati usaha”.

Ghassan Mochammad
Unit Kepesertaan BPJS Kesehatan

Media Partner - Jurusan Informatika