يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ.. …Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat… (QS. Al-Mujadilah [58]: 11) <> .مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ "Barangsiapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim no. 7028)

Covid-19 Updates: Informasi Satgas Covid-19 Unsyiah

Gambaran Umum Jurusan

Program Studi Informatika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik sejak tahun 2010 dan sejak tanggal 16 September 2020 telah berakreditasi A. Sejak berdiri hingga sekarang, program studi ini merupakan salah satu program studi pilihan favorit para calon mahasiswa, untuk semua jalur masuk perguruan tinggi.

Seluruh mata kuliah di program studi ini diarahkan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer, sehingga mereka diharapkan mampu mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia.

Para dosen Program Studi Informatika merupakan lulusan S3 dan S2 dari perguruan tinggi di berbagai negara, di antaranya Amerika (USA), Jerman, Australia, Jepang, Belanda, Italia, Inggris (UK), Taiwan, Malaysia, dan Indonesia. Para lulusan program studi ini dipersiapkan untuk mampu bekerja di berbagai bidang yang membutuhkan kompetensi komputerisasi. Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menempatkan kompetensi yang dimiliki para lulusan sebagai salah satu yang dibutuhkan saat ini dan juga di masa depan. Oleh karena itu, lulusan program studi ini telah bekerja di berbagai bidang di Indonesia dan juga di luar negeri. Menurut data sementara, para alumni Prodi ini telah bekerja sebagai senior programmer pada perusahaan-perusahaan terkenal seperti Tokopedia, BukaLapak, dll, Computer Networking Administrator and Engineer pada instansi pemerintahan (DiskomInfo, Badan Pertanahan Nasional, BPJS, dll), IT manager pada Bank Mandiri, perwira karir pada instansi Kepolisian pada devisi Cyber Crime,  akademisi (dosen dan peneliti) di berbagai perguruan tinggi, birokrat di pemerintahan (PNS), pegawai BUMN, pekerja industri, serta pewirausaha.

Selamat Datang

Program Studi Informatika mulai menyelenggarakan kegiatan akademik pada tahun 2010 dengan ditetapkannya Keputusan Mendiknas No. 70/D/O/2010 tentang penyelenggaraan Program Studi (PS). Pada tahun ini, Jurusan Informatika akan menerima mahasiswa baru angkatan ke-X tahun 2020. Persis seperti tahun yang lalu, tahun ini Jurusan Informatika juga masih menjadi peminat ketiga favorit pada jalur pendaftaran SNMPTN 2019 di Universitas Syiah Kuala. []

Menjadi pusat pendidikan dan penelitian dalam bidang informatika dan komputer yang unggul secara nasional dan dikenal secara internasional pada tahun 2025.

(1) Menghasilkan lulusan yang berkualitas, mandiri, kreatif dan mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah secara sistematis dengan bantuan komputer; (2) Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkualitas dan mengembangkan kehidupan akademik yang bermoral, sehat, kondusif, dan dinamis; (3) Mengembangkan penelitian dalam bidang informatika dan komputer dan mendayagunakan hasil pengembangan bidang ilmu tersebut untuk pembangunan dan kemaslahatan umat manusia; (4) Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak.

Program Studi Informatika dibuka pada tahun 2010 di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Syiah Kuala. Izin penyelenggaraan program studi ditetapkan pada tanggal 9 Juni 2010 melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 70/D/O/2010.

Pembukaan program studi ini tidak hanya dipandang sebagai upaya untuk mengaktualkan relevansi Universitas Syiah Kuala dalam menyiapkan kebutuhan tenaga terampil dalam bidang informatika dan komputer dimasa yang akan datang, tetapi juga sebagai upaya mewujudkan skenario besar dalam meningkatkan daya saing bangsa, seperti yang diamanatkan dalam Basic Framework for Higher Education Development KPPTJP IV 2003-2010 (HELTS 2003-2010), Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan Nasional. Hingga tahun 2020 ini, Program Studi Informatika sudah menginjak tahun ke 10 sebagai salah satu program studi di Universitas Syiah Kuala.

Courses
69 Matakuliah

Lecturers
24 Staf Pengajar

Research Groups
5 Bidang Riset

Students
360 Mahasiswa

Computer Labs
7 Laboratorium

e-Systems
22 Sist. Informasi

Publications
> 100 Papers

Partnerships
> 20 Kerjasama

01

Registrasi Akun Calon Mahasiswa

Daftarkan akun calon mahasiswa pada halaman https://portal.ltmpt.ac.id

02

Mendaftar Melalui Jalur SNMPTN

Informasi lanjut dapat dilihat pada halaman http://snmptn.ac.id/

03

Mendaftar Melalui Jalur SBMPTN

Informasi lanjut dapat dilihat pada halaman https://ltmpt.ac.id/

04

Mendaftar Melalui Jalur SMMPTN

Informasi lanjut dapat dilihat pada halaman https://smmptnbarat.id/

Berita Terkini

Pengumuman

Leading for brighter future

Proses belajar-mengajar di Informatika difokuskan pada bidang Big data, data mining, Internet of Things (IoT), Jaringan Komputer, spasial data, dan pengembangan software.

Experienced Lecturers

Dosen dengan pengalaman mengajar dan meneliti rata-rata selama 15 tahun lebih.

Degree Title

Lulusan Sarjana Informatika diberikan gelar Sarjana Komputer (S.Kom).

E-Learning

Lebih dari 50% matakuliah disajikan melalui sistem e-learning Unsyiah.

Library

Perpustakaan lengkap & modern tersedia jurnal terkenal seperti IEEE, ScienceDirect, Springer, dll.

UPCOMING EVENTS

PRESTASI

Layanan untuk Mahasiswa

e-Learning Universitas Syiah Kuala
Sistem ini menyajikan materi dan aktivitas kuliah secara online untuk memudahkan interaksi perkuliahan antara dosen dan mahasiswa.

KRS Online Unsyiah Berbasis Android
Layanan pengisian KRS, informasi transkrip nilai, informasi matakuliah sajian dan informasi pembayaran SPP/UKTB juga tersedia dalam versi Android.

Sistem Informasi KRS Online
Aplikasi untuk menentukan rencana studi, membuat transkrip sementara, dan mendapatkan informasi biaya studi.

Sistem Informasi Beasiswa
Mengatur proses pengusulan dan pengelolaan beasiswa. Sistem ini berkomunikasi dengan SIAKAD untuk mengetahui status aktif dan IPK mahasiswa.

Laman Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru
Universitas Syiah Kuala menerima mahasiswa baru program sarjana untuk 59 program studi S1 melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Sistem Informasi Tugas Akhir
Untuk memberikan usulan dan bimbingan tugas akhir dan proyek akhir mahasiswa.

Sistem Informasi Kuliah Kerja Nyata (KKN)
Sistem informasi registrasi online Kuliah Kerja Nyata. Membantu mahasiswa dan penyelenggara KKN mengelola lebih cepat, akurat dan transparan.

Sistem Informasi Kinerja dan Evaluasi Dosen (Sinekad)
Evaluasi dan kinerja dosen diperoleh dan dinilai melalui kuisioner yang diisi oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah.

Sistem Informasi Survei Kepuasan Dosen
Survei ini bertujuan untuk memperoleh masukan terhadap mutu pelayanan Unsyiah kepada Dosen dan Tenaga Kependidikan..

Sistem Informasi Akun Email Mahasiswa
Aplikasi SIMAIL membantu mahasiswa untuk memperoleh akun email Unsyiah secara cepat dan lebih dekat tanpa harus datang langsung ke UPT. PUKSI.

Sistem Informasi Pengaduan Layanan (SIPL)
Sampaikan kritik dan saran kepada unit/pihak tertentu secara konstruktif demi peningkatan layanan Unsyiah.

Layanan untuk Dosen

Sistem Informasi Remunerasi (SIREMUN)
Memberikan informasi terkait dengan tunjangan remunerasi untuk dosen Unsyiah.

Sistem Digitalisasi Arsip Hukum Tata Laksana
Layanan untuk memberikan dokumen (SK) terkait Hukum dan Tata Laksana Universitas Syiah Kuala.

Sistem Evaluasi Kinerja Dosen (SIPKD)
Layanan untuk membantu mengevaluasi kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan.

Sistem Paperless Office (PLO)
Sebuah media online yang dimanfaatkan oleh segenap sivitas Unsyiah untuk berinteraksi dan berekspresi baik secara individu, unit maupun ke semua sivitas.

Sistem Informasi Repository Publikasi
Aplikasi untuk melihat perkembangan, menemukan, atau menjadi kontributor data publikasi Unsyiah. Telah mencatat lebih dari 2874 publikasi.

Sistem Informasi Dosen Wali
Untuk memberikan pertimbangan, petunjuk, nasehat dan persetujuan kepada mahasiswa bimbingannya.

Sistem Informasi Manajemen Penelitian
Gerbang Digital Kegiatan Penelitian dan Pengabdian. Kegiatan penelitian yang telah didanai sejak 2010 sebanyak 600+ judul.

Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG)
Aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian yang bertujuan untuk menciptakn informasi SDM selalu mutakhir.

Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER)
Aplikasi sistem informasi berbasis web yang digunakan untuk inputkan informasi mengenai SDM yang terintegrasi seperti data identitas, usulan fungsional, pangkat dan usulan sertifikasi dosen (serdos).

Sistem Informasi Keuangan PNBP
Simkeu PNBP adalah sistem informasi pengelolaan dana PNBP. Bertujuan agar proses pengusulan & penggunaan dana tercatat secara rapi dan transparan.

Sistem Informasi Dashboard Dosen dan Staf (FSD)
Semua sivitas akademik Unsyiah melalui apalikasi ini dapat memiliki website pribadi dan mendapatkan email @unsyiah.ac.id dengan mudah.

Testimonial Alumni

Media Partner - Jurusan Informatika